Article

Wisuda daring (dalam jaringan)

Dalam kondisi saat ini pemerintah masih melarang kegiatan pendidikan dengan tatap muka, untuk itu dalam melepas mahasiswa yang telah menyelesaikan program akademik, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti tahun akademik 2019-2020 menggelar Wisuda melalui Virtual atau dalam jaringan (Daring) yang dilaksanakan pada Sabtu 16 Januari 2021. Dengan jumlah wisudawan 570 yang terdiri dari S2 Pariwisata 61 Orang, Sarjana S1 berjumlah 42 wisudawan, sarjana terapan UPW 73 wisudawan, Sarjana Terapan Perhotelan 358 orang, dan diploma III hotel 36 orang.
Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati, SE,MM memaparkan di tengah wisuda Daring tersebut, bahwa kondisi sekarang dimana kita menggelar wisuda secara online dan offline, yang rencananya sudah jauh hari sebelumnya, serta sudah kita undur yang diharapkan bisa dilakukan dengan tatap muka, namun dengan masih tingginya angka pandemi Covid 19, maka harus dilakukan secara daring, dan kita harus bisa menerima kondisi ini yang sebelumnya tidak kita pikirkan namun diharapkan tidak mengurangi kualitas dari prosesi wisuda ini. Sebagaimana program STP Trisakti untuk menuju Centre of excellent, dan dalam program tersebut saat ini kita berada di tahap ke-3 dan mudah-mudahan proses tersebut bisa terselesaikan dengan baik.
Kita juga bersyukur atas kerja keras seluruh dosen dan mahasiswa STP Trisakti banyak memperoleh penghargaan meskipun proses pembelajaran yang selama ini dilakukan dengan tatap muka namun harus dilakukan secara daring dan mudah-mudahan hal ini tidak mengurangi STP Trisakti untuk memberikan yang terbaik, kami bersyukur mendapatkan peringkat terbaik dari LL Dikti menjadi Sekolah Tinggi Swasta terbaik ke 12 di wilayah III DKI Jakarta, juga peringkat 2 Sekolah Tinggi dengan jumlah jabatan akademik dosen yang terbanyak, juga peringkat 3 tertinggi penerima kinerja penelitian dan penghargaan dari Kementerian Pariwisata atas pengembangan desa wisata terbaik.
Kami juga mengucapkan banyak terima kasih pada para mahasiswa dengan karya-karya terbaiknya yang disumbangkan selama menjadi mahasiswa di STP Trisakti, maupun beberapa hak cipta karya mahasiswa yang saat ini sudah dipatenkan. Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankan kami Mewisuda 570 orang, sebagai bentuk pertanggungjawaban kami pada masyarakat, bangsa dan negara. Dan kami bersyukur sebagian besar bisa lulus tepat waktu, dan 90% wisudawan hari ini sudah bekerja, tegas Fetty Asmaniati, SE,MM

Dr Bimo Prakoso selaku Ketua Yayasan Trisakti menegaskan, pihaknya mengapresiasi kepada seluruh jajaran unit Pendidikan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti atas kerja kerasnya selama ini, sehingga hasilnya juga baik dan kegigihan kerja keras serta manajemen yang bagus hingga mencapai hari ini, mesti dalam kondisi yang berat dalam Pandemi Covid 19, namun masih bisa Mewisuda 570 wisudawan, untuk itu kita harus juga mampu berhemat untuk kelangsungan pendidikan, dan kedepan bisa lebih baik lagi, menuju upaya yang sudah kita canangkan bersama, yang mampu bersaing, baik di dalam maupun di luar negeri.
Yayasan Trisakti juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua wisudawan yang sudah bersama-sama bekerja menyumbangkan untuk kemajuan anak-anaknya di STP Trisakti, ini karena di STP Trisakti link and match sangat baik, sehingga sangat tepat untuk menyekolahkan anaknya di STP Trisakti. dan pada para wisudawan teruslah bekerja keras karena penilaian 50% adalah motivasi pengabdian kita terhadap perusahaan dimana tempat kita bekerja, dan 20% ada adalah kesempatan jasmani. Jadi yang utama adalah kerja keras, jujur, penuh inovasi.
Prof. Agus Setyo Budi Kepala LL Dikti Wilayah III Jakarta dalam sambutannya menegaskan, bahwa Sektor Pariwisata memiliki potensi sangat besar dan akan menjadi andalan utama devisa negara, meskipun dalam situasi Pandemi Covid 19 saat ini pariwisata menjadi industri yang sangat terdampak, untuk itu perlunya strategi dan membaca peluang. Dan pemerintah harus melakukan upaya pemulihan, salah satunya adalah dengan mencetak sumber daya manusia yang unggul melalui pendidikan tinggi yang berkualitas.

Beliau mengapresiasi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang telah menorehkan berbagai prestasi dan banyak berkontribusi dalam berbagai kegiatan positif selama pandemi. dan penghargaan ini sebagai bukti bahwa STP Trisakti berada dalam pimpinan yang adaktif serta mampu berinovasi dan berkreasi selama pandemi covid 19 dan STP Trisakti sebagai peringkat kedua Perguruan Tinggi Swasta dengan jumlah presentasi jabatan akademik dan sertifikasi dosen terbanyak, kategori sekolah tinggi di wilayah III Jakarta. ini artinya para dosen di STP Trisakti sangat berkualitas.

STP Trisakti juga berada di tingkat ketiga untuk top skor perguruan tinggi swasta dengan kinerja penelitian tertinggi berdasarkan kategori Sekolah Tinggi tahun 2020. Anugerah tertinggi tersebut menunjukkan STP Trisakti memang kualitasnya dapat dibanggakan.

Dalam Klasterisasi Perguruan Tinggi di Indonesia, kita bangga STP Trisakti juga masuk 50 kampus terbaik saat ini, dan selama ini LL Dikti melihat STP Trisakti selalu menyajikan webinar terbaik yang bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, Industri dan masyarakat. juga dalam pengabdian masyarakat dalam bentuk bakti sosial penelitian dan jalinan kerjasama, untuk itu kami meyakini STP Trisakti sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang unggul, termasuk para wisudawannya memiliki pengetahuan, keterampilan dan soft skill yang mumpuni, untuk itu kelulusan bukanlah akhir, tetapi Awal dari perjalanan panjang yang akan dilewati generasi muda sebagai penerus bangsa. dan kami berharap seluruh wisudawan mampu mengaplikasikan seluruh ilmu yang telah diraih selama mengenyam pendidikan di STP Trisakti ini dengan penuh tanggung jawab. ( Humas STPT)

Author: malik

Leave a Reply