Article

Meningkatkan Kualitas Pelayanan untuk Kepuasan Pelanggan / Stakeholder...


Dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan/stakeholder dimasa pandemik ini, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti menyelenggarakan webinar yang dikhususkan bagi para tenaga kependidikan dengan menghadirkan nara sumber Bpk. Freddy Triono, S. Tr.Par., CHA (GM Hotel The Groove Suite Grand Aston Kuningan, Jakarta) yang juga merupakan alumni dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Angkatan 1991.

Acara webinar berlangsung pada pukul 10.00 – 12.00 WIB yang diikuti oleh seluruh tenaga kependidikan dan segenap pimpinan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang  dimoderatori oleh Bp. Rudi Alamsyah, S.Pd.

Materi yang disampaikan mengenai pondasi yang paling mendasar dalam memberikan pelayanan terbaik merupakan kunci sukses adalah behavior and attitude, totalitas dalam pelayanan adapun tiga pilar pelayan prima:

  • Produk yang hebat  (produk dan pelayan yang berkualitas tinggi)

  • Proses yang hebat (sistem pelayanan yang efisien dan berorientasi pada pelanggan)

  • Manusia yang hebat (SDM yang berkompeten serta terlatih)

 

10 Perilaku pelayanan prima :

  1. Senyum yang tulus
  2. Pelanggan adalah orang penting
  3. Dengarkan kebutuhuannya
  4. Sebut nama
  5. Bahasa tubuh yang positif
  6. Bicarakan yang diminati pelanggan
  7. Bahasa halus
  8. Informasikan prosesnya – apakah sudah? sedang? Atau akan dikerjakan (pelanggan jangan sampai menunggu lama)
  9. Pengetahuan akan produknya
  10. Berpenampilan rapi

Dalam pelayanan yang prima dan berkarakter diharapkan helpfull dan menguasai setiap  tugasnya masing-masing dan attitude yang baik merupakan ruh yang baik dalam pelayanan, karena orang pintarpun belum tentu memiliki attitude yang baik, semua harus dilakukan dengan ikhlas. Merubah attitude seseorang yang tidak kreatif untuk menjadi kreatif harus dilakukan dengan sabar dan persuasif. Pimpinan dalam mengembangkan keikhlasan karyawan untuk melakukan tugasnya masing-masing secara inisiatif adalah dengan mengutamakan moral yang tinggi serta sense of belong/care terhadap bawahan. Semoga webinar ini bermanfaat bagi kemajuan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sesuai dengan tema Dies Natalis ke 51 “Cerdas dan Berkarakter” sehingga visi misi terwujud menjadi perguruan tinggi pariwisata berkualitas global dan pusat unggulan (center of exellence). (FA)


Author: admin-oke

Leave a Reply