Article

Di Gagas oleh mahasiswa Program Doctoral STP Trisakti, sebanyak 550 peserta hadir dari berbagai negara

Mahasiswa Program Doctoral Sekolah Tinggi Parwisata Trisakti mengadakan The 1st International Seminar Rebuilding Indonesia Sustainable Tourism for The Future: Strategies to Adjust to The New Normal dengan mengangkat topik Gastronomy, Heritage, Tourism Marketing, Human Resources Management in the field of tourism

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 550 participants pada platform zoom diantaranya berasal dari negara Indonesia, Malaysia, China, Taiwan, Jepang, Filipina, Jepang, US, Kanada dan Australia.

Ibu Fetty Asmaniati, SE., MM selaku Ketua STP Trisakti dalam sambutannya mengatakan acara ini sangat strategis dan bermakna, tidak hanya bagi STP Trisakti akan tetapi untuk pengembangan pengetahuan tentang bidang pariwisata dan perhotelan di masa depan. Juga secara aktif turut menjaga kolaborasi yang baik dan menjaga hubungan harmonis antara masing-masing lembaga adalah tanggung jawab semua pihak.

Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Keynote Speaker pada kegiatan ini, menyampaikan bahwa Covid-19 telah berdampak pada industri pariwisata dan memaksa anggota pemerintah untuk beradaptasi. Para pemimpin harus mengenali faktor VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) dalam setiap situasi, merumuskan kembali solusi untuk menghidupkan kembali industri pariwisata, membangun ketahanan terhadap kebutuhan yang paling mendesak, mengaktifkan kembali norma-norma baru dan langkah-langkah yang akan diterapkan dalam masyarakat. Tren pariwisata masa depan juga berubah menjadi lebih personalized, customized, localized, dan ukuran bisnisnya lebih kecil sebagai bentuk adaptasi yang didasarkan pada pengalaman pariwisata yang berkualitas.

Pembicara dalam kegiatan ini, diantaranya adalah:

  1. A/Prof. Halimin Herjanto (University of the Incarnate Word San Antonio, Texas, USA)
  2. Prof. Gavin RR Caldwell (International Management Institute, Switzerland)
  3. Chef Ragil Imam Prabowo Nusa Indonesian Gastronomy

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan mengembangkan pengetahuan dalam bidang pariwisata. Seperti yang telah dikatakan oleh Ibu Fetty Asmaniati, SE., MM, selaku Ketua STP Trisakti, bahwa kegiatan ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi STP Trisakti, tetapi bermanfaat bagi pengembangan dunia pariwisata di masa depan.

Rangkaian acara tidak berhenti sampai disitu, dilanjutkan dengan Online Seminar & Research Speed-Dating. Pada sesi ini, terdiri dari 24 presenter yang ingin mempresentasikan penelitiannya agar di review oleh para reviewer.

Pada sesi ini dibagi menjadi dua ruang. Ruang 1 pembahasan terkait dengan Marketing dengan 122 peserta yang di moderatori oleh Ibu Regina Dewi

Ruang 2 pembahasan terkait dengan Gastronomy, Heritage, Tourism Marketing, Human Resources Management dengan 136 peserta yang di moderator oleh Bapak Antonius Rizki.

Pada kegiatan Speed – dating ini diharapkan mampu membantu para penulis untuk dapat mempresentasikan dan mendiskusikannya dengan reviewer agar penelitian mereka dapat di publikasikan dan dapat berkontribusi pada kemajuan ilmu pariwisata.

Author: Humas

Leave a Reply