Article

New Nor-MICE: Expect the Unexpected

Mahasiswa Diploma 4 Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2018 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti telah sukses menyelenggarakan seminar berskala nasional dengan tema “New Nor-MICE: Expect the Unexpected” pada hari Sabtu, 5 Desember 2020 via Zoom Webinar. MICE Discovery merupakan acara tahunan yang terdiri dari seminar dan pameran serta telah sukses diselenggarakan sejak tahun 2015. Seminar MICE Discovery jilid kedelapan ini diselenggarakan secara online tanpa pameran demi memutus rantai penyebaran virus covid 19, tentunya tetap dengan konsep yang kreatif dan edukatif.

Seminar The 8th MICE Discovery membahas strategi memperoleh proyek pelatihan/seminar online dari instansi pemerintah dan strategi mengelola pameran virtual. Adapun dua pembicara yang dihadirkan adalah Rachmat Ramadhan, S.ST., M.M yang merupakan Akademisi & Praktisi MICE, dan Gad Permata yang merupakan Vice President Adhouse Clarion Events sekaligus Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia. Acara ini dimoderatori oleh Monalisa Eka Shinta, S.ST., M. Par. yang merupakan akademisi dan praktisi MICE.

Dalam paparannya, Rachmat menyampaikan bahwa kondisi industri MICE & event saat ini berdampak paling besar pada regional Asia Pasifik, dengan penyesuaian terhadap 48% pertemuan (virtual, hybrid, relocated, postponed, cancelled). Pandemi Covid-19 berdampak pada 90% pembatalan atau penundaan event sampai akhir 2020, sampai saat ini telah terjadi 96,4% kasus penundaan dan 84,8% kasus pembatalan event di 17 provinsi. Rachmat juga menjelaskan tahapan persiapan memperoleh proyek acara dari instansi pemerintah sekaligus teknik pengelolaannya.
Sedangkan Gad menyampaikan cara mengatasi dampak Covid-19 dari Industri MICE yaitu dengan mengembangkan keterampilan, menggali pengetahuan di berbagai bidang industri dalam bisnis MICE, komunikasi dan promosi berbasis IT. Gad juga memaparkan tips memasarkan acara pameran yaitu dengan penjualan secara langsung melalui e-mail, telepon, media sosial yang bertujuan untuk menjangkau target audiens, memanfaatkan influencer untuk memasarkan sebuah event, dan membicarakan atau memasukan event kita kedalam forum online yang berkaitan.

Seminar MICE Discovery jilid kedelapan dihadiri oleh 295 orang di sesi 1 dan 296 orang di sesi 2 yang berasal dari pelajar, guru Sekolah Menengah Atas/Kejuruan Pariwisata dan perhotelan, serta para profesional dari Event Organizer (EO), Professional Conference Organizer (PCO), Professional Exhibition Organizer (PEO), asosiasi, media, dan sponsor terkait MICE. Seminar ini dipandu oleh Sherina Wijaya, Miss DKI Jakarta 2020. Seminar dibuka secara simbolis dengan sambutan oleh Kepala Departemen Usaha Perjalanan Wisata, Drs. Amrullah, SH., M.Hum.,M.si.Par. Acara ini dimeriahkan dengan pertunjukan musik dari Cosmas Canarios sebagai mahasiswa Usaha Perjalanan Wisata STP Trisakti 2017.

Seminar The 8th MICE Discovery mendapatkan dukungan dari DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DKI Jakarta, DPP Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI), Jakarta Tourism Forum (JTF), Indonesia Event Industry Council (IVENDO), Trisakti School of Management (TSM), DPP Indonesia Tour Leader Association (ITLA). Acara ini juga bekerjasama dengan media partner dari Sunday Magazine, Event Jakarta, ELC Indonesia, Info Jadwal Event, Majalah Venue, Erafm UNJ, Milenia News, Seputar Kampus, dan UKM PERS STP Trisakti. Acara ini juga disponsori oleh Pacific Aviation, PT Niramas Utama, Dominos Pizza, Bakmi Shing, dan Gula Gula Bar.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai acara ini dapat menghubungi Amelia Venesa (087831093709) atau kunjungi instagram @micediscovery2020.

Author: malik