Article

STP Trisakti Menduduki Peringkat 12 dari 50 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik


Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti) wilayah III DKI Jakarta mengumumkan 50 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik 2020 di DKI Jakarta berbasis data klasterisasi perguruan tinggi Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud yang telah diumumkan sebelumnya. Berdasarkan klasterisasi tersebut STP Trisakti menduduki peringkat 12 dari 50 perguruan tinggi swasta terbaik di lingkungan LLDikti Wilayah III
dengan perolehan nilai 1,708.

Ditjen Dikti Kemdikbud sebelumnya melakukan pemeringkatan perguruan tinggi dengan berbasiskan 4 indikator penilaian dan STP Trisakti berada diurutan 88 dari 2136 Perguruan Tinggi se Indonesia. Pada tahun 2020 ini, kinerja perguruan tinggi di Indonesia diidentifikasikan berdasarkan 4 aspek utama yaitu:

  1. Indikator Input (20 persen) yaitu Mutu Sumber Daya Manusia dan Kemahasiswaan yang meliputi persentasi jumlah dosen S3, jumlah lektor dan guru besar, rasio mahasiswa dan dosen, jumlah mahasiswa asing, dan jumlah dosen yang bekerja sebagai praktisi industri.
  2. Indikator Proses (25 persen) yaitu Pengelolaan Kelembagaa yang meliputi penilaian akreditasi universitas dan program studi, kerja sama perguruan tinggi, pembelajaran daring, pelaksanaan Kampus Merdeka, dan kelengkapan laporan.
  3. Indikator Output (25 persen) yaitu Capaian Kinerja Jangak Pendek yang dicapai oleh PT: meliputi penilaian jumlah artikel ilmiah, kinerja penelitian dan mahasiswa, serta jumlah prodi bersertifikasi internasional.
  4. Indikator Outcome yaitu capaian kinerja jangka panjang PT (30 persen): meliputi penilaian kinerja inovasi, jumlah lulusan yang memperoleh kerja dalam waktu 6 bulan, jumlah nilai sitasi per dosen, dan kinerja pengabdian masyakat.

 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D i, menyampaikan tujuan utama klasterisasi ialah untuk menyediakan landasan bagi pengembangan kebijakan pembangunan. Kemudian, untuk pembinaan perguruan tinggi, serta untuk mendorong perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan.

“klasterisasi perguruan tinggi berfungsi untuk menyediakan informasi kepada masyarakat umum tentang kualitas kinerja perguruan tinggi, khususnya yang ada di DKI Jakarta,” kata Prof. Agus Setyo Budi  Kepala LL-Dikti Wilayah III Provinsi DKI Jakarta

Ketua STP Trisakti Ibu Fetty Asmaniai, SE., MM merasa bersyukur dengan pencapaian yang telah diraih dan mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan STP Trisakti karena pencapaian ini tentunya tidak dapat diperoleh tanpa bantuan Bapak/Ibu yang telah berjuang dan bekerja keras dan membawa STP Trisakti mencapai peringkat yang lebih baik serta mendorong untuk lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan untuk lebih baik lagi. (FA)


Author: admin-oke