Article

Memperkuat SDM Pariwisata Berkarakter Unggul dan Berdaya Saing #UnggulUntukPariwisataIndonesia

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sebagai institusi pendidikan pariwisata yang berada dibawah naungan Yayasan Trisakti kini telah memasuki usia 52 tahun. Pada peringatan Dies Natalis tahun ini, STP Trisakti mengangkat tema Memperkuat SDM Pariwisata Berkarakter Unggul dan Berdaya Saing dengan tagline Unggul untuk Pariwisata Indonesia. Tema tersebut diambil bertepatan dengan telah diraihnya Akreditasi Perguruan Tinggi dengan akreditasi Unggul dan diharapkan STP Trisakti dapat terus maju dan berkembang menciptakan SDM Pariwisata yang Unggul, berkualitas, kreatif, Inovatif, dan terus memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

Dalam acara syukuran yang diselenggarakan dalam bentuk Hybrid ini akan dilaksanakan Talkshow yang menghadirkan pembicara Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Prof. Dr. Agus Setyo Budi. M.Sc., Ketua Dewan Pembina Yayasan Trisakti Bapak Harry Tjan Silalahi, SH dan Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti Mayjen TNI (Pur) Dr. Djanadi Bimo Prakoso, P.S.C., M.P.A, M.Sc  yang dipandu oleh Kepala Pusat Pusat Bisnis Kepariwisataan STP Trisakti Ibu Novita Widiyastuti Sugeng, SST., M.Si.Par selaku moderator.

Pada acara syukuran ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengucapkan selamat merayakan Dies Natalis ke-52 untuk STP Trisakti. Ucapan ini disampaikan orang nomor satu di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu secara virtual dari Desa Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat.  Desa tersebut merupakan salah satu  dari 12 desa wisata yang menjadi binaan STP Trisakti.

“Saya berharap di usia yang melewati setengah abad ini, semoga STP Trisakti  dapat menjadi perguruan tinggi pariwisata yang unggul dan dapat bersaing di kancah internasional. Terus maju dan berkembang dalam menciptakan SDM Pariwisata  berkualitas, kreatif, inovatif, adaptif serta terus memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat,” ucap Menparekraf.

Selain Menparekraf, ucapan selamat Dies Natalis ke-52 juga disampaikan oleh  Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat, Bupati Kuningan, Wali Kota Bogor, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kemdikbud, Rektor dan Ketua Sekolah Tinggi dibawah Naungan Yayasan Trisakti, mitra kerjasama baik dari dalam dan Luar Negeri. Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Ibu Fetty Asmaniati sangat mengapresisi dan memberikan ucapan terima kasih atas perhatian dan doa yang diberikan, dan berharap STP Trisakti dapat dapat terus maju dan berkembang menciptakan SDM Pariwisata yang Unggul, berkualitas, kreatif, Inovatif, dan terus memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu  Ketua Umum Yayasan Trisakti, Dr Bimo Prakoso berharap kedepan  sifat kerja keras tetap ditanamkan, sehingga perjuangan bersama untuk menjadikan STP Trisakti sebagai Institut Pariwisata Trisakti dapat tercapai. “Yayasan Trisakti akan mendukung perubahan-perubahan yang dibutuhkan, ini perlu persiapan dan kerja keras yang sudah terbangun harus ditingkatkan, sekali lagi atas nama Yayasan saya mengucapkan selamat atas upaya yang telah diraih, kita yakin bangsa ini bisa keluar dari ancaman Covid 19, sehingga bangsa ini kembali bisa membangun kepariwisataan di seluruh wilayah Indonesia, dan STP Trisakti bisa mempertahankan status unggul tersebut,” tegas Bimo.

Dalam acara ini juga akan dilakukan penandatangan kerjasama antara STP Trisakti secara tatap muka yaitu dengan:

  1. Camat Ciomas Kabupaten Bogor
  2. Kepala Desa Ciapus Kecamatan Ciomas
  3. Ketua Aliansi Asosiasi Kuliner Indonesia
  4. Ketua Anggrek karya Cacat Berkreasi

Dan penandatangan kerjasama secara daring dengan 12 Kepala Desa di Kabupaten Kuningan jawa Barat.

Teristimewa pada acara ini adalah acara bincang-bincang yaitu:

  1. Mitra Kerjasama yaitu MODENA Indonesia dengan Bapak Tommy Pratomo selaku Partnership and corporate communication departemen Head dan yang Tergabung secara online The Ritz Corlton HONGKONG  Janice Seto selaku Human Resources Coordinator  serta Prof Gavin Caldwell Director of Operation, Human Resources and Partner School IMI Switzerland
  2. Alumni Mancanegara yang telah bekerja dan berkriprah di luar negeri diantaranya berasal dari negara Prancis, New Zealandm Singapura, USA, Timor Leste dan Dubai.
  3. dan mahasiswa berpresatasi Akademik maupun non Akademik yaitu :
    1. Maria Junetha Prodi S1 Pariwisata (Peraih PHP2D program holistik pembinaan dan pemberdayaan desa 2020, pertukaran Pelajar, PHP2D 2021, KBMI: Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia, TEC trisakti enterpreneur Club Wisata
    2. S1 pariwisata: Tasya Komara Sari / penggerak wirausaha muda, Hibah KBMI, penerima hibah wirausaha muda Kemenpora, penerima hibah PHP2D 2021, Delegasi AWMUN Asean
    3. D4 Hotel : Elmira Peja penerima beasiswa Beasiswa Unggulan
    4. D4 Hotel : Indriani penerima beasiswa Beasiswa Unggulan {prestasi tertinggi}
    5. D4 UPW : Alitca penerima beasiswa mahasiswa prestasi jelajah nusantara
    6. D4 Hotel : Juan Nathaniel/ Training di The Ritz Carlton Hong Kong.

Tak lupa pemberian Beasiswa kepada 30 mahasiswa berprestasi baik dibidang Akademik maupun non Akademik . Peringatan Dies Natalis bukan hanya digelar dengan konsep syukuran saja, namun ada berbagai kegiatan lain yang dilangsungkan seperti Webinar Nasional dan Internasional, Kompetisi Internal dan Internasional, Ziarah Tabur Bunga ke makam Proklamator Mohammad Hatta, Pendiri STP Trisakti Bapak Mulyatno Sindhudarmoko, dan Ibu Maryam Mihardjo, Bakti sosial, dan Temu Alumni serta acara syukuran yang dilaksanakan tepat pada tanggal 2 Juni 2021. (Trd)

Author: Humas