Article

Kegiatan Pengenalan Destinasi Wisata dan Industri Perjalanan Wisata di Provinsi Banten kepada Mahasiswa STP Trisakti ini berlangsung selama 4 hari

Destinasi Kabupaten Serang semakin berkembang dengan dikelolanya daya tarik wisata alam, sejarah, dan budaya. Kawasan Wisata Pantai Anyer masih menjadi andalan untuk dijadikan sebagai daya tarik wisata alam, dan juga beberapa kawasan yang memiliki fenomena alam pegunungan yang menarik, seperti yang ada di Desa Wisata Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Propinsi Banten.

Destinasi wisata di kabupaten ini  terus dikembangkan dengan berbagai strategi, diantaranya dengan mengembangkan konsep desa wisata. Konsep desa wisata sangat tepat dikembangkan di Kabupaten Serang karena daya tarik wisata di kabupaten ini tersebar di berbagai desa. Di sisi lain, Kabupaten Serang pada tahun 2020 sampai 2021 mendapatkan prestasi dengan terpilihnya Desa Wisata Cikolelet sebagai salah satu desa wisata dalam 6 besar terbaik dalam program pendampingan perguruan tinggi pada tahun 2020 (didampingi oleh STP Trisakti), dan prestasi peringkat kelima dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWSI) 2020 dalam kategori Desa Wisata Rintisan, serta menjadi Desa Wisata terfavorit ADWSI 2020 pilihan netizen.

Peran industri usaha perjalanan wisata diperlukan sebagai salah satu komponen pengelola perjalanan wisata di sebuah destinasi wisata. Tour operator dan HPI adalah unsur yang saling mendukung untuk mengelola produk perjalanan wisata. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana pengelolaan perjalanan wisata di Propinsi Banten yang dikelola oleh Banten Tour Mandiri (BTM) yang berdomisili di Kota Serang.

Walaupun sempat mengalami tidak berkembangnya kegiatan wisata di Desa Cikolelet, desa ini melakukan inovasi dengan mendapatkan CSR dari perusahaan di Jakarta dalam bentuk pembangunan Sekretariat bersama Pokdarwis dan BumDes Cikolelet, akan perencanaan Outdoor Recreation Leuwi Rangkong Kampung Eksodan, Desa Wisata Cikolelet, dan mendapatkan alokasi anggaran dengan membuat dua unit pondok wisata dari Kemendes Republik Indonesia.

Berdasarkan pemaparan di atas, STP Trisakti mengadakan kunjungan ke Desa Wisata dan Industri yang ada di Serang, Banten

Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan Destinasi Wisata Desa Wisata Cikolelet dan Industri Usaha Perjalanan Wisata HPI Banten kepada mahasiswa UPW Angkatan 2021.

Kegiatan Pengenalan Daya Tarik Wisata dan Pengenalan ke Industri diselenggarakan pada:

  1. Senin – Selasa (13-14 Juni 2022) sejumlah 30 Mahasiswa
  2. Senin – Selasa (20-21 Juni 2022) sejumlah 33 Mahasiswa

Pada tanggal 20-21 Juni 2022, mahasiswa di dampingi oleh Dosen Pendamping sebanyak 2 orang yaitu Bapak Rianto, M.Si.Par. (Pjs. Kadep Usaha Perjalanan Wisata) dan Bapak Arief Faizal Rachman, SST.par., MT. (Dosen Usaha Perjalanan Wisata)

dan juga diikuti oleh Dosen Departemen Usaha Perjalanan Wisata Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Mahasiswa Usaha Perjalanan Wisata Angkatan 2021  Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Mahasiswa Usaha Perjalanan Wisata Angkatan 2021  Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Authors

,