Article

Pemberian Penyuluhan dan Pelatihan Berupa K3, Homestay, Penyajian makanan dan minuman

Sehubungan dengan peningkatan kapasitas usaha masyarakat dibidang pariwisata kepala desa Cikolelet Kabupaten Serang meminta untuk pelatihan masyarakat didesanya kepada STP TRISAKTI. Pada tanggal 30 April 2018. Kegiatannya berupa pemberian penyuluhan dan pelatihan berupa K3, Homestay, Penyajian makanan dan minuman yang berlokasi di Desa Cikolelet Kabupaten Serang. Hal ini bertujuan agar program penyuluhan dan pelatihan tersebut dapat menambah wawasan bagi masyarakat desa Cikolelet Kabupaten Serang. Sehubungan dengan itu, Ibu Dra.Wijayanti Dewi Prabandari,MM dan Ibu Anis Darsiah, SST. Par, MM selaku dosen pariwisata STP Trisakti melakukan pengabdian masyarakat terhadap Desa Wisata Cikolelet.

Desa cikolelet merupakan salah satu desa wisata yang secara resmi berdiri sejak 2017 melalui SK Bupati Kabupaten Serang. Selain menawarkan wisata pedesaan yang terdiri dari lahan persawahan, peternakan kambing etawa, perkebunan dan perikanan darat, desa ini juga kaya akan seni dan budaya warisan leluhur yang masih terpelihara hingga saat ini seperti tradisi mamaca, tarian rampak bedug, debus, festifal tahunan ngagurah dano, upacara prah-prahan, dan sebagainya. Sejak ditetapkan sebagai desa wisata, Cikolelet juga melakukan penataan dibeberapa objek wisata alam yang ada, diantaranya dengan menciptakan spot selfie, rumah pohon dan camping ground di puncak pilar dan gunung Cibaja.

Salah satu poin Tri Dharma Pergurun Tinggi dalah pengabdian kepada masyarakat. Sebagai usaha untuk memenuhi ketiga kewajiban tersebut, dosen bersama mahasiswa S2 Pariwisata STP TRISAKTI kembali menggelar pelatihan homestay dan pemanduan di Balai desa wisata Cikolelet, Kabupaten Serang, Banten. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada sabtu 18 Mei 2019 mulai pukul 9 pagi hingga selesai. Bertempat di Aula Kantor Desa Cikolelet dan diikuti oleh 30 warga dan diantaranya memiliki homestay berjumlah 7 rumah.

Harapan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah bagi pemilik homestay agar dapat mengembangkan home stay tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai dengan prosedur yang ada agar dapat menarik minat wisatawan.

 

Penulis : Dra.Wijayanti Dewi Prabandari,MM dan Anis Darsiah, SST. Par, MM, Dosen STP Trisakti

Author: Humas

Author