Article

Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Kelompok Penggerak Pariwisata Di Desa Cipasung, Kabupaten Kuningan

Desa Cipasung adalah salah satu desa di Kabupaten kuningan yang tengah mempersiapkan diri untuk menjadi desa wisata. Desa ini mempunyai beberapa daya tarik wisata yang menarik, baik alam, budaya, dan buatan. Namun, keberlanjutan sebuah desa wisata bukan hanya ditentukan daya tarik wisatanya saja. Faktor utama yang menentukan keberlanjutan sebuah desa wisata adalah modal manusianya (human capital) yang munpuni dan dapat mengelola desa wisatanya dengan baik.

Pihak pengelola desa wisata Cipasung masih perlu ditingkatkan lagi pemahamannya dan kompetensinya dalam berbagai hal. Hal ini dikarenakan mereka belum berpengalaman dalam pengelolaaan desa wisata dan belum banyak pelatihan-pelatihan yang mereka dapatkan sekitar pengelolaan desa wisata.

Oleh karena itu perlu adanya upaya yang terus menerus meningkatkan kapasitas pengelola desa wisata Cipasung, terutama kelompok penggerak pariwisata (Kompepar). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Kompepar dalam pengelolaan desa wisata berkelanjutan, serta peningkatan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Dengan memiliki kedua kompetensi tersebut diharapkan  mereka dapat mengelola desa wisatanya dengan lebih baik lagi.

Author: Humas

Author