Article

Pelatihan Sapta Pesona bagi warga masyarakat Desa Cipasung

Sapta pesona adalah sebuah singkatan dari unsur Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan. Sebelum Sapta Pesona terwujud maka perlu adanya kesadaran wisata bagi asyarakat, khususnya kepada pelaku usaha wisata di Desa Cipasung yaitu para pengelola home stay, pengrajin dan para pembuat oleh-oleh atau suvenir.

Sadar wisata sangat penting diupayakan karena potensi pariwisata yang ada di Indonesia sangatlah tinggi. Indonesia terkenal dengan berbagai wisata alam yang popular. Diketahui banyak pantai-pantai, daerah pegunungan ataupun pulau yang ada di Indonesia yang menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai negara.

Pelatihan yang dilakukan oleh M. Achmadi, M.Pd selaku Ketua Senat STP Trisakti dilaksanakan pada Selasa, 10 Desember 2019, yang bertempat di Kantor BUMDES Desa Cipasung, serta dihadiri oleh Staf Desa Cipasung, Kelompok Ibu-Ibu PKK serta anggota masyarakat sebagai pengelola home stay, pengrajin suvenir dan kelompok ibu-ibu yang mempunyai ketrampilan dalam pembuatan kue (jajanan) tradisional.

Adapun tujuan diadakan pelatihan Sapta Pesona bagi warga masyarakat Desa Cipasung antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Menumbuhkan kesadaran masyarakat agar siap berperan sebagai tuan rumah dalam menjaga dan mengelola kekayaan alam serta budaya
  2. Menumbuhkan kesadaran masyarakat agar siap berperan sebagai tuan rumah dalam melestarikan budaya sebagai aset kekayaan alam

 

Penulis : M. Achmadi, M.Pd, Ketua Senat STP Trisakti

Author: Humas

Author