Article

DESA WISATA CIPASUNG, KEC. DARMA, KAB. KUNINGAN

Desa Wisata Cipasung sebagai salah satu Desa binaan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti saat ini dalam proses perkembangan sebagai desa wisata dengan pendekatan agrowisata kopi. Sebagai rintisan Desa Agrowisata Kopi Desa Cipasung didukung penuh oleh CSR Indonesia Finance Group (IFG), Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Kelompok Tani Kopi, Pokdarwis, dan Desa Wisata Cipasung.
Sebagai kelanjutan program pada 26 Maret 2021 dilakukan Pelatihan Barista dimana sehari sebelumnya telah dilakukan pemasangan mesin pasca panen (Grader, Pulper, Huller dan Roasting) dan mesin kopi (espresso, grinder, dan flojet), serta penyuluhan cara penggunaan mesin roasting dan espresso. Materi yang disampaikan oleh Dosen STP Trisakti dalam pelaihan ini adalah ;
1. Materi Pelayanan Prima oleh Novita Widyastuti, M.Si.Par
2. Materi Destinasi Agriwisata Kopi oleh Arief Faizal Rachman, SST.MT
3. Materi Keuangan Sederhana oleh Devita Gantina, M.Par.
4. Materi Pemasaran oleh Surya F. Boediman, MM.Par
5. Materi Barista oleh Michael Krishna, M.Par

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan ini diikuti 31 peserta dari Disparpora Kabupaten Kuningan, Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan, Kelompok Tani Kopi Desa Cipasung, dan Pokdarwis Desa Cipasung.
Sekda kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi peran STP Trisakti dalam membina Desa Cipasung dan berharap dengan pelatihan keterampilan Barista yang diikuti masyarakat kelompok Petani Kopi Desa Wisata Cipasung dapat membuka peluang usaha sebagai rintisan Desa Agrowisata Kopi Desa Cipasung.

Author: Humas

Leave a Reply