Article

Program Pengabdian Masyarakat Se-Indonesia

Program “Pengajar Jelajah Nusa” merupakan program Ultra Milk bersama Yayasan Indonesia untuk mengajar sekaligus menjelajah Nusantara ke pelosok Indonesia. Program ini diharapkan dapat mengajak generasi muda untuk peduli pada sesama terutama di pelosok Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh siswa SMA dan Perguruan Tinggi Se-Indonesia. Terdapat beberapa seleksi yang harus diikuti. Dari siswa dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan terpilih 6.000 peserta Se-Indonesia diawali dengan mengirim essay, seleksi berikutnya terpilih 145 peserta kemudian seleksi pembuatan video tentang program yang akan dilakukan, hingga terpilih lagi menjadi 75 peserta yang akan mengikuti seleksi wawancara pada tahap akhir.
“Pengajar Jelajah Nusa 2020” akan melakkukan kegiatan selama 1 minggu di pelosok Indonesia yaitu Kepulauan Sangihe, Fak Fak, Rote Ndao, dan Bima. Mengikuti trip selama 1 minggu ke daerah pelosok Indonesia untuk melaksanakan projek pendidikan untuk siswa SD dan masyarakat lokal. Mengajar Intrakurikuler dan Esktrakurikuler, kegiatan bersama masyarakat, pembelajaran bersama masyararakat (seminar, training, pemberdayaan masyarakat). Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh peserta seluruh Indonesia dengan beberapa tahapan seleksi.
Mahasiswa STP Trisakti lolos pada tahap 75 peserta dari 6.000 peserta yang mengikuti seleksi. 2 mahasiswa STP Trisakti yang terpilih yaitu Marthia Nilasari (Sarjana Terapan Perhotelan – 2019) dan Alitca Giraldoes Sopacuaperu (Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata – 2017). Kami mohon doa dan dukungannya agar kedua mahasiwi STP Trisakti tersebut lolos ke tahap terakhir ini, selanjutnya para peserta akan mengikuti karantina sebelum ke pelosok Indonesia. Atas perhatian dan dukungannya, kami ucapkan terima kasih.

https://www.instagram.com/tv/CAFrT5jlu6N/?igshid=1vm6difhsoer1

View this post on Instagram

Pendidikan merupakan landasan awal menjadi manusia yang unggul. Wilayah Indonesia yang luas, memiliki beragam suku, adat dan budaya. Sehingga sebagian orang khususnya masyarakat pedalaman kurang mendapatkan pendidikan sebagaimana mestinya. . . Diakui ada beberapa kendala yang menjadikan pendidikan itu terhambat untuk sampai ke daerah tersebut, dimulai dari sarana dan prasarana seperti jalan yang sangat jauh, tidak adanya jembatan, dan lain sebagainya, serta kesadaran masyarakat untuk melakukan dan memperoleh pendidikan. . . Oleh karena itu, saya mempunyai ketertarikan untuk mengikuti program Pengajar Jelajah Nusa 2020 dikarenakan saya memiliki visi dan misi yaitu ikut serta dalam memajukan bangsa Indonesia, dengan berkontribusi secara langsung untuk mengajarkan adik-adik yang berada di pedalaman tentang 3 dasar, yaitu calistung, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan potensi alam yang dimiliki agar bernilai jual dan mempertahankan rasa cinta terhadap budayanya. Diharapkan dapat membantu mereka dalam berkontribusi untuk perkembangan desanya dan menjadi manusia yang unggul serta memperoleh perekonomian yang baik. . . Saya Marthia Nilasari, Mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta siap menjadi bagian dalam Pengajar Jelajah Nusa 2020✨ #UltraMilkPJN2020 #PengajarJelajahNusa2020 #KontribusimuBerarti @ultramilkpjn

A post shared by Thia (@nilamarthia_) on

Author: malik

Leave a Reply