Article

Seminar The 9th MICE Discovery bertemakan “OptiMICE: Breaking Through the Survival Mode”

Mahasiswa Diploma D4 Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2019 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti telah sukses menyelenggarakan seminar online berskala nasional dengan tema “OptiMICE: Breaking Through the Survival Mode”. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Desember 2021 via Zoom Webinar. Sejak tahun 2015, MICE Discovery yang terdiri dari seminar dan pameran sudah terlaksana sebanyak 7 kali secara offline. Sedangkan seminar jilid 8 & 9 diselenggarakan secara online selama pandemi Covid-19. Konsep seminar online ini dikemas secara menarik sehingga tetap memberikan manfaat bagi para pesertanya.

Seminar The 9th MICE Discovery mengangkat topik kunci sukses mengelola acara MICE proyek asosiasi, instansi pemerintah, dan perusahaan yang diselenggarakan secara offline, online, atau hybrid. Dua pembicara yang dihadirkan adalah Dian Putra Purnomo, S.H. yang merupakan Event & Project Director ICAN Media Network sekaligus Ketua Tim Komunikasi dan Publikasi Pusat Pengembangan Pemuda dan Olahraga Nasional dan Susi Nurliah yang merupakan Project Director PT Arfa Kreasi Expotama. Acara ini dimoderatori oleh Monalisa Eka Shinta, S.ST., M.Par. yang merupakan akademisi dan praktisi MICE.

Pada sesi pertama, Dian memulai pemaparan dengan menunjukkan sekilas mengenai perbedaan pelaksanaan event sebelum dan sesudah pandemi, baik itu dimulai dari full offline, kemudian full online hingga perlahan berkembang menjadi hybrid. Hampir di semua kegiatan dengan client asosiasi, instansi pemerintah, maupun perusahaan, mengalami perubahan operasional secara drastis. Menurut Dian, kunci sukses acara hibrida adalah penampilan materi secara menarik, kualitas audio dan video yang dipersiapkan, serta tampilan menarik dalam seluruh rangkaian acara.

Di sesi kedua, Susi menyampaikan bahwa masa pandemi ini membuka peluang baru bagi industri MICE yang diawali dengan penerapan program CHSE yang dicanangkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan agar sebuah event dapat sukses, yaitu memperhatikan kebutuhan klien, promosi melalui seluruh media yang bisa digunakan, dan bagaimana mengemas pelaksanaan event semenarik dan sebaik mungkin. Nilai penting yang disampaikan Susi adalah pentingnya memiliki pikiran positif, kreativitas, dan inovasi seiring dengan perkembangan teknologi.

Seminar The 9th MICE Discovery dihadiri oleh 336 orang di sesi 1 dan 254 orang di sesi 2 yang berasal dari pelajar, guru Sekolah Menengah Atas/Kejuruan Pariwisata dan Perhotelan, dosen dari perguruan tinggi program studi MICE atau pariwisata, para profesional dari Event Organizer (EO), Professional Conference Organizer (PCO), Professional Exhibition Organizer (PEO), asosiasi, himpunan, instansi pemerintah, instansi perguruan tinggi, media, dan sponsor terkait MICE.

Seminar ini dipandu oleh Carlin Patricia (Miss Indonesia Kalimantan Utara 2020) di sesi 1 dan Shania Nabila (Wakil 1 Cek Ayu Palembang 2018) di sesi 2. Seminar dibuka secara simbolis dengan sambutan oleh Drs. Amrullah, SH., M.Hum, M.Si.Par selaku Kepala Departemen Usaha Perjalanan Wisata STP Trisakti. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan dari Raditya Luthfan di sesi 1 dan Six Corners di sesi 2.

Seminar The 9th MICE Discovery mendapatkan dukungan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, DPP Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI), DPP Indonesian Tour Leaders Assosication (ITLA), DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DKI Jakarta, Jakarta Tourism Forum, DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Palembang, Ikatan Alumni Pariwisata Trisakti (IKAPTRI), Trisakti School of Management, dan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti. Acara ini juga bekerja sama dengan media partner dari Venue Magazine, Sunday Magazine, GenPi.co, Milenia News, ERA FM UNJ, UKM PERS STP Trisakti, Event Jakarta, Event Mahasiswa 8, Event Apa Aja, dan Jadwal Event. Acara ini disponsori oleh Inez Cosmetics, PT Torabika, Hi-C1000, dan Bapak Handojo Soesilo.

Untuk   informasi   lebih   lanjut   mengenai   acara   ini   dapat   menghubungi Carlin Patricia (087880885659) atau kunjungi Instagram @micediscovery2021

Author: Humas

Leave a Reply