Article

Program Hospitality Familiarization terbagi menjadi 2 batch dan diselenggarakan di Hotel Swiss-bel Bogor, Jawa Barat

Sebanyak 246 mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti belajar tentang bisnis perhotelan di Swiss-Belhotel Bogorpada 12-14 Desember 2021 dan terbagi dalam 2 batch. Kegiatan tahunan bagi mahasiswa baru itu diharapkan membuka wawasan tentang karir atau profesi di masa depan. Mahasiswa melalui Hospitality Familiarization Program 2021 akan menginap selama 1 (satu) malam, hotel tour, dan mendapat pembekalan dari para manajer tentang operasional Hotel.

Agus Riyadi, SST.Par., M.Sc.,CHIA mengatakan bahwa kegiatan kali ini sangatlah bagus untuk diberikan kepada para anak didik, karena memang ini adalah semacam pengenalan akan bidang ilmu yang kelak akan terus ditekuninya.

“Mereka akan diberi pengenalan tentang dunia perhotelan atau semacam pembekalan dan pengetahuan tentang dasar-dasar Ilmu Pariwisata agar kelak mereka paham benar bagaimana cara memperlakukan tamu demi kenyamanan mereka,”ujar Agus.
Lanjut Agus, jika untuk kelompok kali ini adalah kelompok terakhir dan memiliki keistimewaan karena dalam kelompok kali terdapat 99 mahasiswa yang berkesempatan menerima Beasiswa Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari Presiden Jokowi.

Masih menurut Agus,. “Selama ini, kebanyakan yang masyarakat tahu, bahkan termasuk Guru, Program Beasiswa KIP ini hanya ditujukan untuk para Pelajar dari Jenjang SD hingga Jenjang SMA saja, padahal kenyataannya untuk mahasiswa atau jenjang Perguruan Tinggi pun bisa, bahkan mereka bebas untuk memilih perguruan tinggi yang diminatinya, sepanjang memenuhi syarat yang sudah ditentukan pemerintah.

Sementara menurut Djoni Wibowo, SE., MM memaparkan jika program beasiswa KIP khusus untuk masyarakat tentunya sangat bagus karena menjadi salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan yang masih terjadi di Indonesia.
“Harapan saya, setelah mereka lulus mereka menjadi orang yang sukses, insan yang berhasil. Termasuk pilihan mereka apakan ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ingin berwirausaha atau ada yang ingin bekerja, itu tergantung kepada pribadi masing-masing. Yang terpenting pesan saya, jadilah seseorang yang disiplin, mandiri dan terus belajar dan bekerja keras. Karena itulah kunci untuk meraih kesuksesan,”harap Djoni.

Jokarius G.S Mahasiswa penerima KIP dar Mentawai mengaku senang dan bangga bisa mendapat kesempatan yang langka ini.
“Saya merasa tersanjung dan senang bisa diterima di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti Jakarta dan saya juga tak kalah senang bisa belajar di Swiss-Belhotel Bogor ini yang sarat dan kaya akan ilmu-ilmu perhotelan, yang pasti sangat bermanfaat ketika kelak saya terapkan dalam dunia kerja. Niat saya, ketika saya lulus dari STP Trisakti kelak, saya ingin kembali ke kampung halaman dan menerapkan ilmu serta pengalaman saya selama kuliah di STP Trisakti untuk saya terapkan di Mentawai agar daerah saya semakin maju khususnya di bidang Pariwisata,”ujar Jokarius berapi-api.

General Manager Swiss-Belhotel Bogor, Andri Kurniawan, berpesan kepada para mahasiswa, untuk bersungguh-sungguh didalam menempuh perkuliahan. Jika ingin kariernya berkembang, kalian harus memiliki Skill (keahlian), Knowledge (pengetahuan) dan yang tak kalah penting adalah mental. Dan ketiganya harus dipersiapkan dengan serius tidak main-main,” pinta Andri.

Materi yang diberikan Swiss-Belhotel Bogor untuk mahasiswa Sekolah Tingggi Pariwisata Trisakti Online Reservation, Online Guest Survey, SOP Check in dan chek out. Housekeeping seperti How to making bed, introduce SOP Clean the room. Food and Beverage seperti SOP sequence of service, How to make cocktail. HRD seperti Introduce Swissbel hotel management, opportunity training program.

Hadir pada kesempatan yang sama Braja Eka Sukma, S.Tr.Par, CHA, DPP IHGMA (Direktur Sertifikasi, Akreditasi dan Pelatihan) yang juga alumni S2 STP Trisakti menuturkan, jika Program KIP Trisakti ini wajib memperhatikan output SDM yang telah dicetak, sehingga perlu dilakukan inovasi-inovasi penting untuk perkembangan mereka nantinya.

Author: Humas

Author