Article

Dalam rangka Perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke-75, diluncurkan sebuah aplikasi yaitu iWareBatik, yang merupakan sebuah bentuk teknologi informasi komunikasi (TIK) yang dirancang untuk mengemas dan mengkomunikasikan nilai-nilai elemen budaya adiluhung dari tradisi Batik.

Pembuatan situs iWareBatik dan aplikasi seluler terkait diinisiasi oleh Puspita Ayu Permatasari, Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti kandidat PhD dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk warisan budaya takbenda dan pariwisata di USI – Università della Svizzera italiana, Swiss. iWareBatik merupakan singkatan dari “I am Aware” of Batik serta “interactive software of Batik”. Selain itu, definisi lainnya juga dapat diartikan sebagai “I wear Batik” atau saya memakai Batik. Situs dan aplikasi ini tersedia dalam dua Bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris demi mendukung upaya pelestarian Batik dalam bidang digital baik secara nasional maupun internasional.

Teknologi komunikasi iWareBatik ini khusus dibangun untuk mempromosikan nilai adiluhung 124 motif Batik dan warisan wastra Indonesia lainnya di 34 provinsi. Selain itu juga untuk membantu para pengguna untuk mengidentifikasi ragam tekstil batik, nilai filosofis di balik motif, tempat asalnya, dan informasi berguna tentang produsen lokal. Karena Batik menjadi ciri budaya setiap daerah di Indonesia, situs dan aplikasi iWareBatik juga menghadirkan informasi tentang pariwisata Indonesia terkait Batik di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat pada situs iWareBatik di www.iwarebatik.org.

Program teknologi digital ini terwujud berkat bantuan dana hibah riset LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Republik Indonesia, serta kerjasama Yayasan Sobat Budaya bersama Bandung Fe Institute, Laboratorium Teknologi USI eLab, institusi USI UNESCO Chair dalam Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk mengembangkan dan mempromosikan pariwisata berkelanjutan di Situs Warisan Dunia di USI – Università della Svizzera italiana, Swiss.

Pada tanggal 17 Agustus 2020, pukul 13.00 WIB, diselenggarakan webinar bersama perwakilan USI UNESCO Chair Swiss dan Yayasan Sobat Budaya di channel YouTube Sobat Budaya (https://www.youtube.com/sobatbudaya) dalam rangka peluncuran aplikasi iWareBatik. Aplikasi ini diunduh secara gratis dan tersedia pada platform iOS iTunes dan Google Play Android.

Acara ini dihadiri oleh Sobat Budaya Indonesia, Bandung Fe Institute, serta didukung penuh oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein di Bern serta dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sebagai institut pendidikan kepariwisataan yang mendukung pemberdayaan masyarakat budaya di daerah. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan tersedia pada platform iOS iTunes dan Google Play Android

iwAreBatik on iOs: https://apps.apple.com/ch/app/iwarebatik/id1506929306?l=en

iWareBatik google https://play.google.com/store/apps/details?id=org.iwarebatik.mobileapp

Website iWareBatik untuk pembelajaran Budaya dan Pariwisata: www.iwarebatik.org

Berikut Video Resmi 5 menit peluncuran aplikasi UNESCO: link: https://www.youtube.com/watch?v=3yj1URp2zes

Terima kasih

Author: malik