Article

Sharing:

Tridharma Perguruan Tinggi

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti selaku perguruan tinggi mempunyai kewajiban untuk melakukan Tridharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Desa Petak, Jawa Timur adalah salah satu desa wisata yang menjadi tempat para dosen dan mahasiswa melakukan kegiatan untuk memperlihatkan kepedulian kampus terhadap desa binaan.

Dalam rangka kegiatan tersebut di atas maka kelompok dosen yang dibantu oleh mahaiswa berangkat ke Desa Petak, Jawa Timur tanggal 27 Mei – 30 Mei 2016.  Perjalanan ditempuh menggunakan pesawat terbang dari Jakarta ke Surabaya, kemudian di bandara rombongan dijemput oleh Ibu Hani dari desa Petak, lalu perjalanan dilanjutkan menggunakan mobil ke desa Petak. Sesampainya di desa, rombongan disambut oleh perangkat desa dan tokoh masyarakat serta perwakilan warga. Setelah itu rombongan beristirahat di rumah Pak Supoyo, Kepala Desa Petak. Pada malam hari dilakukan penyuluhan Sadar Wisata dan Sapta Pesona oleh  ibu Nurima Rahmitasari dan Pariwisata Berkelanjutan berbasis Komunitas Masyarakat oleh Bapak Husen Hutagalung. Sekitar 33 warga menghadiri penyuluhan ini.

Presentasi hari ke -1 Tentang sapta pesona
oleh Ibu Nurima Rahmitasari

Kegiatan di hari ke 2, Sabtu 28 Mei 2016 dimulai di pagi hari dengan kegiatan rombongan STP Trisakti keliling desa untuk melihat potensi desa Petak, baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.  Pada malam harinya diadakan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat oleh Ibu Robiatul Adawiyah mengenai konsep homestay desa wisata dan oleh Bapak Husen Hutagalung mengenai karakter produktif masyarakat desa wisata. Penyuluhan ini dihadiri oleh sekitar 60 warga.

Presentasi hari ke-2
Materi konsep homestay desa wisata
oleh Ibu Robiatul Adawiyah
Presentasi hari ke -2
Materi karakter produktif desa wisata
oleh Bapak M. Husen Hutagalung

Di hari ke 3, Minggu 29 Mei 2016 diadakan demo masak oleh Bapak Chairul dan Bapak Syaltut Abduh yang dihadiri sekitar 104 orang warga Desa Petak. Adapun produk makanan yang didemokan adalah pembuatan dodol ubi ungu dan ubi kering balado. Tanggapan masyarakat sangat ambisius dalam pengembangan varian-varian produk dan penggunaan bahan dasar yang dapat disubstitusikan. Pada saat demo masak hadir Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yaitu Ibu Fetty Asmaniati untuk memberikan sambutan dukungan atas keberlanjutan pembinaan Desa Petak. Selanjutnya dilakukan diskusi antara Ibu Fetty dengan perangkat desa mengenai keberlanjutan  pengembangan Desa Petak.  Pada malam hari, diadakan doa Istighosah di Balai Dusun Kembangsore dalam rangka menyambut sedekah Bumi sebagai tanda rasa syukur masyarakat  terhadap apa yang Tuhan berikan melalui alam sekitar.

Hari ke – 3
Demo masak oleh Bapak Chairul Salim
dan Bapak Mohamad Syaltut Abduh
Diskusi bersama
Ibu Fetty, Tim dan Perangkat Desa
Hari ke -3, Suasana malam istighosah

Senin, 30Mei 2016
Di hari ke 4, Senin 30 Mei 2016  dilaksanakan acara sedekah bumi yang dimulai pukul  10.00 WIB. yang dimulai dengan sambutan – sambutan perangkat desa, setelah itu pembacaan doa dan makan bersama. Kemudian acara di lanjutkan ke punden Kemasan, hal ini dilakukan dengan cara masyarakat membuat tumpeng maupun susunan buah untuk disajikan bersama-sama dengan warga lainnya hal in juga diirigi dengan doa-doa sebelum memakannya.

Hari ke – 4, acara sedekahan bumi

Setelah acara sedekah bumi selesai, rombongan berkumpul di rumah pak Supoyo untuk berpamitan, tidak lupa perwakilan rombongan memberikan goodie bag dari STP Trisakti kepada kepala Desa Petak sebagai tanda ucapan terima kasih atas keramahtamahan adan antusiasme warga  selama kunjungan rombongan STP Trisakti ke Desa Petak.

Selanjutnya pukul 14.00 rombongan meninggalkan Desa Petak untuk kembali ke Jakarta. Dengan demikian berakhirlah kegiatan peduli Desa Petak untuk kali ini.

Penyerahan Souvenir
oleh Ibu Myrza Rahmanita kepada Bapak Supoyo
Penyerahan Souvenir
oleh Bapak M. Husen Hutagalung kepada Ibu Hanni

Kami berangkat dari Desa Petak pada pukul 14.00 WIB menuju Kota Malang menggunakan mobil Hi-Ace dari Ku Moro Tour and Travel dengan driver pak Erik, dalam perjalanan Pacet – Malang kami berwisata kuliner untuk mengetahui aneka kuliner yang ada di Daerah tersebut. Dan kami sampai Hotel Amaris Malang pada pukul 20.30 WIB untuk beristirahat.

Selasa, 31Mei 2016
Pagi hari kami sarapan bersama di Restoran Hotel, setelah itu Ibu Myrza ke Bandara diantar oleh pak Erik karena penerbangan beliau pagi. Karena penerbangan kami (Pak Husen, Pak Chairul, Ibu Rima, Ibu Adaw, Pak Syaltut dan Bagus) siang, maka kami melakukan observasi kota Malang dan berwisata kuliner di berbagai tempat. Kemudian kami ke Bandara untuk berangkat kembali ke Jakarta. Sesampainya di Jakarta kami di jemput oleh Pak Junaidi untuk di antar ke STP Trisakti, dan kami sampai di STP Trisakti pada Pukul 17.00 WIB.


Author: admin-oke

(Visited 10 times, 1 visits today)