Article

Sharing:

... dan Pembentukan Pokdarwis di Desa Sungsang, Sumatera Selatan


STP Trisakti berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam pembangunan pariwisata, khususnya pembangunan desa wisata melalui program Kemitraan dengan Yayasan Belantara pada pengembangan ekowisata di Kawasan Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.  STP Trisakti (akademisi) dan Yayasan Belantara (NGO) adalah agent of change dalam pengembangan desa melalui program pemberdayaan di Kawasan Sungsang, khususnya dengan pendekatan pariwisata yang berwawasan lingkungan, yaitu ekowisata.

Program perencanaan pengembangan keseluruhan desa-desa yang ada di Kawasan Sungsang (tidak hanya Desa Sungsang IV) untuk dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ekowisata. Hal ini penting untuk dijadikan dasar pemikiran dalam pengembangan program pemberdayaan masyarakat karena nama Sungsang tidak terbatas pada administrasi perdesaan tetapi nama Sungsang menjadi sebuah kesatuan nilai budaya dan historis bagi masyarakat desa nelayan ini.

Dalam program pendampingan desa wisata rintisan di Kawasan Sungsang, secara bersamaan kami telah melakukan studi awal, identifikasi potensi wisata dan pemetaan kelembagaan. Dari beberapa diskusi dengan aparat desa dan warga menghasilkan kesepakatan bahwa Kawasan Sungsang dan masyarakatnya bersedia untuk dijadikan binaan sebagai desa wisata oleh STP Trisakti. Hal yang terpenting dalam diskusi ini adalah informasi sudah adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di 5 Desa Sungsang, Kecamatan Banyuasin 2, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22-24 November  2019, diikuti oleh 29 peserta yang terdiri dari 5 Kepala Desa Sungsang dan perwakilan masyarakat 5 desa Sungsang. Seluruh peserta antusias mengembangkan desa Sungsang sebagai Desa Ekowisata di Sumatera Selatan.


Author: admin-oke

Leave a Reply

(Visited 6 times, 1 visits today)