Article

Sharing:

KEGIATAN PENGEMBANGAN SPMI - STP TRISAKTI


Diawali dengan kerjasama antara unit pengawas internal (UPI/ Dr. Rachmat Ingkadijaya) dan Satuan Penjaminan Mutu Internal (SPMI/Lestari Ningrum.,MSi.Par), menyelenggarakan sosialisasi penerapan manajemen risiko pada bulan Agustus 2017, STP Trisakti mencoba memperkenalkan konsep risk management dalam mendukung terciptanya manajemen mutu dalam operasional pengajaran dan pendukungnya. Ketika merencanakan sistem manajemen mutu, organisasi harus mempertimbangkan isu yang dimaksud pada klausul 4.1. ISO 9001:2001 (memahami organisasi dan konteksnya) dan persyaratan yang dimaksud pada klausul 4.2 (memahami kebutuhan dan harapan pihak berkepentingan) dan menentukan risiko dan peluang yang perlu ditujukan untuk:

  1. Memberikan kepastian bahwa sistem manajemen mutu dapat mencapai hasil yang diinginkan;
  2. Meningkatkan pengaruh yang diinginkan;
  3. Mencegah, atau mengurangi, pengaruh yang tidak diinginkan;
  4. Mencapai peningkatan.

Risiko adalah segala peristiwa yang memiliki kemungkinan akan terjadi (likelihood) dan dapat berdampak (impact) negatif pada sasaran STPT. Oleh karena itu, dalam tahap berikutnya dengan mengundang DECRA diadakan workshop pada tanggal 16 – 22 September 2017 untuk lebih memperdalam pemahaman tentang manajemen risiko.

Collage Photo Risk Management

Hasil pemahaman dari workshop diimplementasikan dalam bentuk pembuatan dalam bentuk worksheet dengan pembahasan dari segi : Issue, kategori, dampak, kemungkinan, level risiko dan tindakan, serta risk register dari masing-masing unit. Terimakasih kepada unit kerja Bidang 1 (prodi), BAAK, Puslit, Prakerin, SPMI dan Marketing yang telah mengirimkan worksheetnya dan telah di bahas dan dilakukan review serta feed back oleh tim register yang ditunjuk berdasarkan surat tugas no. 063/STPT/ST/IX/2017 tentang tim reviewer verifikasi hasil penentuan risiko unit kerja STP Trisakti. Terimakasih kepada para dosen sebagai anggota tim reviewer risk manajemen atas dedikasi pemikiran, ide dan waktunya. Semoga bermanfaat untuk kejayaan STP Trisakti.


Author: admin-oke

(Visited 53 times, 1 visits today)