IndonesianEnglishThaiChinese (Simplified)KoreanJapaneseFrenchGerman

Article

Sharing:

Melalui Pendampingan dan Keterlibatan Dosen STP Trisakti Dalam Rangka Fasilitasi
Pelatihan Masyarakat Sadar Wisata.


Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata menggelar kegiatan Pelatihan Pariwisata dengan tema “Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendampingan Dalam Rangka Fasilitasi Pelatihan Masyarakat Sadar Wisata” di Aula Desa Wisata Cipasung, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan pada 4 Juli 2019”. Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 (lima puluh) peserta yang terdiri dari perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), para pelaku usaha wisata homestay, kuliner dan oleh-oleh, serta tokoh masyarakat.

RMW Agie Pradipta,SST., Par., M.Sc selaku Kabag Kemahasiswaan STP Trisakti mengatakan bahwa komitmen STP Trisakti dalam membantu pengembangan pariwisata dilakukan sejak tahun 2011 diawali dengan mengembangan Desa Wisata Cibuntu dan diikuti oleh desa lainnya  yaitu  Cipasung, Sakerta Timur, Jagara, Lingga Mekar dan Cisantana. Proses Pembinaan dan pendampingan ini dilakukan dengan melibatkan Dosen dan mahasiswa dalam upaya mensinergikan peran akademisi sebagai salah satu unsur pentahelix pariwisata agar lebih terlibat dalam usaha-usaha memajukan desa-desa wisata di Indonesia.

Kepala Desa Cipasung Nanang Nuryadi bahwa pariwisata dipilih karena melihat potensi desanya. Pariwisata juga dirasa merupakan jalan yang paling cepat dalam meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat Cipasung.

Heri Hermawan selaku perwakilan Kemenpar mengatakan bahwa selain dari sisi ekonomi, keberadaan sebuah desa wisata merupakan suatu usaha untuk melestarikan budaya, karena kepariwisataan menuntut sebuah budaya yang lestari. Juga kepariwisataan harus didukung dengan sebuah daya tarik Atraksi Budaya yang Menarik dan berkesinambungan.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah para Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang memberikan materi sebagai berikut :

  1. Character Building (Sapta Pesona dan Pelayanan Prima), oleh M. Husen Huragalung, S.Pd., M.Si
  2. Pemandu Wisata oleh RMW. Agie Pradhipta, SST., Par., M.Sc
  3. Digital Produk Cipasung oleh Drs. Djuanedi Abbas, MM

Melalui materi yang disampaikan, diharapkan masyarakat Desa Cipasung mampu menyambut wisatawan dengan memberikan pelayanan prima, mampu menjadi pemandu wisata yang komunikatif serta mampu mengemas semua potensi yang ada dengan bantuan teknologi digital untuk menjadikannya sebuah atraksi yang menarik bagi wisatawan. (*trd)


Author: admin-oke

Leave a Reply

17 + = 27

(Visited 32 times, 1 visits today)