IndonesianEnglishThaiChinese (Simplified)KoreanJapaneseFrenchGerman

Article

Sharing:

Pendampingan Desa Cipasung


STP Trisakti bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia dalam program pengembangan desa wisata berbasis pendampingan yang merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Salah satu desa wisata yang mendapatkan pendampingan adalah Desa Cipasung.

Desa Cipasung terletak di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Propinsi Jawa Barat. Desa Cipasung memiliki daya tarik alam seperti Waduk Darma, memiliki kelembagaan pariwisata, dan potensi fasilitas pariwisata seperti kelayakan rumah untuk homestay. Saat ini Desa Cipasung masih dalam tahap rintisan, sehingga diperlukan pendampingan agar dapat berkembang.

Pada tanggal 5 – 7 April 2019, telah dilakukan pendampingan yang dilakukan oleh Dosen – Dosen STP Trisakti di Desa Cipasung, yaitu pendampingan mengenai sadar wisata dan sapta pesona oleh Nurima Rahmitasari, M.Si, pendampingan pelayanan prima oleh Amalia Mustika, SE, MM, pendampingan mengenai homestay oleh Dian Octarina, S.ST, M.Si, pendampingan mengenaio pemanduan dan paket wisata oleh Arief Faizal Rachman, SST, Par, MT, pendampingan mengenai kewirausahaan oleh Novita Widyastuti Sugeng, M.Si, dan pendampingan mengenai keuangan sederhana oleh Devita Gantina, SST.Par, M.Par.

Adapun target dari kegiatan pendampingan ini adalah:

  1.  Terlaksananya penguatan Pokdarwis di Desa Cipasung sehingga organisasi ini bisa berjalan untuk mengelola berbagai aktifitas wisata di Desa Cipasung.
  2. Berjalannya kegiatan wisata di Desa Cipasung secara kondusif dan terintegarasi;
  3. Meningkatnya kapasitas dan atau kemampuan masyarakat dalam berbagai elemen manajemen desa wisata;
  4. Tersedianya alternatif pendapatan ekonomi yang dinikmati oleh masyarakat lokal.
  5. Peningkatan level desa wisata menjadi tahap berkembang

Program pendampingan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan kualitas produk dan pelayanan Desa Wisata Rintisan Cipasung sehingga dapat menambah pendapatan tambahan ekonomi, pelestarian lingkungan dan penghormatan terhadap sosial budaya masyarakat.


Author: admin-oke

(Visited 120 times, 1 visits today)