IndonesianEnglishThaiChinese (Simplified)KoreanJapaneseFrenchGerman

Article

Sharing:

Pendampingan Desa Cikolelet


STP Trisakti bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia dalam program pengembangan desa wisata berbasis pendampingan yang merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Salah satu desa wisata yang mendapatkan pendampingan adalah Desa Cikolelet.

Desa Cikolelet terletak di Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, Banten. Desa Cikolelet memiliki daya tarik alam seperti wisata Gunung Pilar, Gunung Cibaja, air terjun atau Curug Kembar dan Curug Lawang. Potensi daya tarik wisata yang lainnya, seperti budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Cikolelet tidak kalah menarik jika dikemas ke dalam sebuah paket wisata. Acara budaya Ngagurah Dano dan beberapa ritual keagamaan menjadi daya tarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung dan masyarakat. Potensi home industry emping, minyak sereh, susu kambing etawa dan kerajinan kiray dapat dikemas menjadi sebuah paket wisata.

STP Trisakti merupakan salah satu stakeholder yang membidani lahirnya desa wisata Cikolelet dengan berbagai penyuluhan dan pelatihan serta pendampingan terhadap organisasi pariwisata yang ada di desa. Pada tanggal 27 Juli 2019, telah dilakukan pelatihan yang dilakukan oleh Dosen – Dosen STP Trisakti di Desa Cikolelet, yaitu pelatihan mengenai manajemen resiko di Desa Wisata oleh Dr. Rahmat Ingkadijaya, MM, pelatihan pembuatan kue berbahan emping oleh Pramudito, S.Pd, MM.

Adapun target dari kegiatan pelatihan yang dilakukan pada 27 Juli 2019 adalah:

  1. Berjalannya kegiatan wisata di Desa Cikolelet secara kondusif dan terintegarasi;
  2. Meningkatnya kapasitas dan atau kemampuan masyarakat dalam berbagai elemen manajemen desa wisata;
  3. Tersedianya alternatif pendapatan ekonomi yang dinikmati oleh masyarakat lokal.

Program pelatihan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan kualitas produk Desa Wisata Cikolelet sehingga dapat menambah pendapatan tambahan ekonomi, serta peningkatan pengetahuan mengenai manajemen resiko di Desa Wisata.


Author: admin-oke

Leave a Reply

65 + = 74

(Visited 49 times, 1 visits today)