IndonesianEnglishThaiChinese (Simplified)KoreanJapaneseFrenchGerman

Article

Sharing:

Sekolah Tinggi Pariwisata Mendapatkan Prestasi pada kompetisi pariwisata Indonesia 10

Kompetisi Pariwisata Indonesia 10 (KPI 10) telah sukses diselenggarakan pada tanggal 24-25 April 2019 oleh Politeknik Negeri Bandung, Telkom University, dan STIEPAR YAPARI Bandung. Tema yang diusung kali ini yaitu “Digital Tourism Trends for Millennials” yang bermakna bahwa pariwisata berbasis digital menjadi tren bagi generasi
milenial yang dapat berperan dalam memajukan industri pariwisata. Tema ini dilengkapi slogan “Millennials for Tourism Revolution”.

KPI 10 terdiri dari 20 kompetisi, meliputi 16 kompetisi khusus yaitu Business Event Proposal, Battle Cooking and Food Display, E-Poster, Flower Arrangement, Guiding Contest, Plating Dessert, Sabre, Survival Bread, Paper Contest, Tourism Quiz Competition, Tourism Speech Contest, Tour Package, Table Set Up, Making Bed, Tray On The Road, dan Travel Writing, serta 4 kompetisi umum yaitu Photography, Tourism Advertising Video,
Traditional Dance, dan Video Blog.

KPI 10 merupakan kompetisi pariwisata tingkat nasional yang memperebutkan Piala Bergilir Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Kompetisi ini diikuti oleh 719 peserta dari 57 perguruan tinggi yang tersebar di 15 provinsi.

Piala Bergilir Kementerian Pariwisata Indonesia berhasil dibawa ke Bali oleh STP Nusa Dua Bali dengan total nilai 38 point. Peringkat kedua diraih oleh STP NHI Bandung dengan total nilai 26 point, dan peringkat ketiga diraih oleh Telkom University dan Politeknik Sahid dengan total nilai 20 point. Penetapan juara umum KPI 10 didasarkan pada akumulasi nilai yang didapat oleh setiap peserta dari suatu perguruan tinggi dengan ketentuan: Kompetisi Khusus (jurusan pariwisata):

Juara I bernilai 6 point
Juara II bernilai 4 point
Juara III bernilai 2 point
Kompetisi Umum (untuk semua jurusan):
Juara I bernilai 3 point
Juara II bernilai 2 point
Juara III bernilai 1 point

namun untuk Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sendiri telah meraih Juara 1 pada lomba guiding contest, juara 2 pada lomba Tray On The Road (kategori putri) dan juga juara 3 pada lomba Traditional Dance.

Juara Kompetisi Traditional Dance
Juara I
Nama : Anggun, Sadida & Rian
Perguruan Tinggi : Politeknik Negeri Banyuwangi
Juara II
Nama : Angel, Chrisantafanya, Earlene, Intan & Intan
Perguruan Tinggi : Universitas Gadjah Mada
Juara III
Nama : Erlita, Rosa, Sela, Defina & Adinda
Perguruan Tinggi : Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta

Juara Kompetisi Guiding Contest
Juara I
Nama : David Noah Lizal
Perguruan Tinggi : Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
Juara II
Nama : Vidyalda Nur Hafitri
Perguruan Tinggi : Politeknik Negeri Bandung
Juara III
Nama : Edwin H. Wijaya
Perguruan Tinggi : Podomoro University

Juara Kompetisi Tray On the Road (kategori putri)

Juara I
Nama : Alma Choirunnisa
Perguruan Tinggi : Telkom University
Juara II
Nama : Ni Made Eka Wida Ningsih
Perguruan Tinggi : Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Terima kasih kami ucapkan kepada 57 perguruan tinggi yang telah berpartisipasi dalam KPI 10 dan seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan KPI 10. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dinas Pariwisata dan Kebudaan Kab. Bandung, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bandung Barat, Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA), Indonesian Tour Leader Association (ITLA), Asosiasi Perusahaan Penyelenggara Pameran dan Konvensi Indonesia (ASPERAPI) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPD Jawa Barat, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Indonesian Housekeeper Association (IHKA), Indonesian Chef Association dan Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI). Terima kasih juga kepada JungleLand, Batik Sekar Putri, Sabre, Verona Palace Hotel, Amaris Hotel, Prima Duren, Wardah, Bank BJB Kantor Cabang Padalarang, Evoy Production, Papersmooth, Papyrusphoto, Dafam Rio Hotel Bandung, Warung Jae, Hayu Jalan Tour and Travel, dan Ruak Riuk Endolita. Terakhir, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh media partner yang turut serta membantu mempromosikan KPI 10. Press Release ini merupakan berita resmi dari Konsorsium Kompetisi Pariwisata Indonesia 10. Mohon maaf apabila selama penyelenggaraan terdapat hal yang kurang berkenan. Kami menerima masukan dan saran untuk penyelenggaraan KPI yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Sampai jumpa di KPI 11.

Author:

(Visited 83 times, 1 visits today)