Article

Sharing:

Maria Marlina dan Stella Wijayanti
D-4 Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2015


Universitas Dong-A dan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti mempunyai kerja sama di bidang pendidikan. Oleh karena itu, ketika Universitas Dong-A mengadakan acara Korean Summer Session (KSS) 2017, Universitas Dong-A turut mengundang STP Trisakti untuk mengikuti acara tersebut. KSS adalah acara tahunan yang diadakan pada musim panas, untuk memperkenalkan negara Korea dan juga budaya Korea. Peserta yang memang berasal dari berbagai negara di dunia akan mendapatkan pengalaman merasakan bagaimana tinggal di Korea dan juga merasakan seperti apa budaya Korea. KSS juga akan mengajarkan bahasa Korea kepada peserta dari luar negeri, selain itu juga akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan Busan Tour. Peserta akan dipasangkan dengan mahasiswa/i dari Universitas Dong-A sebagai partner selama program berlangsung.

Mahasiswa yang mewakili STP Trisakti untuk mengikuti KSS yaitu Maria Marlina dan Stella Wijayanti dari Program Studi D-4 Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2015. KSS diadakan pada tanggal 3 Juli – 17 Juli 2017  yang berlokasi di Kampus Bumin Dong-A, Busan, Korea Selatan. Hari pertama (3/7) dimulai dengan adanya orientasi untuk mengenal mahasiswa/i Universitas Dong-A yang menjadi pendamping kami dan juga peserta KSS lainnya yang berasal dari negara lain. Peserta yang lainnya ada yang berasal dari Irlandia, UK dan juga Indonesia. Total peserta yang berasal dari luar negeri ada 14 peserta, dan yang mahasiswa/i Korea yang mendampingi kami selama acara yaitu 16 mahasiswa/i. Disini kami dijelaskan apa saja yang akan kami lakukan dan juga seperti apa program akan berlangsung. Setiap pagi dari hari Senin – Kamis kami memiliki jadwal kelas bahasa Korea yang akan dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00. Setelah itu akan dilanjutkan dengan kegiatan berkeliling kota Busan untuk berwisata dan juga mempelajari budaya Korea.

Kami belajar dan melakukan banyak hal disini seperti mempelajari alat musik tradisional Korea, belajar cara membuat masakan Korea (Korean Cooking Class), membuat kalung dan gelang tradisional yang kami lukis sendiri, mengunjungi pabrik soju (minuman beralkohol Korea Selatan) untuk melihat bagaimana proses pembuatan soju. Tidak hanya budaya tradisional tetapi budaya modern pun kami lakukan seperti belajar K-Pop Modern Dance, berselancar (surfing), bermain bowling dan pergi ke pasar malam bersama.

Pada hari terakhir (17/7), masing-masing peserta diberikan sertifikat karena telah mengikuti program KSS. KSS merupakan pengalaman terbaik yang tidak dapat kami lupakan. Terima Kasih kami ucapkan kepada STP Trisakti dan Universitas Dong-A yang sudah memberikan kesempatan berharga ini kepada kami. Harapan kedepannya, semoga lebih banyak lagi program seperti ini yang dapat diberikan kepada mahasiswa/i STP Trisakti untuk menambah pengalaman dan juga membuka mata mahasiswa mengenai kehidupan dan budaya negara lain.


Author: admin-oke

Leave a Reply

45 + = 55

(Visited 97 times, 1 visits today)