Article

Sharing:

Liuni dan Ninda Puspa Sary


Pada kesempatan kali ini, kami mahasiswa S1 HOSPAR 2013 sedang melakukan  KKN (Kerja Kuliah Nyata) di Kampoeng Batik Pesindon. Salah satu program yang kami lakukan adalah penyuluhan.

Penyuluhan adalah kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat yang bertujuan mengedukasi atau memberi informasi kepada masyarakat melalui penyebaran pesan. Salah satu kegiatan penyuluhan yang kami lakukan adalah penyuluhan tentang menggosok gigi dan mencuci tangan di SDI Baitussalam 01 Pesindon. Tujuan kami mengadakan penyuluhan di SDI Baitussalam 01 adalah karena kami ingin mengedukasi bagaimana menggosok gigi dan mencuci tangan dengan benar, serta memberitahukan kepada anak-anak tentang pentingnya menggosok gigi dan cuci tangan. Contohnya  dampak bila tidak menggosok gigi kurang dari 2 kali sehari serta dampaknya bila jarang mencuci tangan. Kegiatan kami diadakan pada hari rabu 12 April 2017 dimulai pada pukul 10.00 pagi. Penyuluhan ini dihadiri 26 murid yang terdiri dari kelas 1, 3, 4, dan 5 sekolah dasar. Kegiatan ini dilakukan di ruang lab computer SDI Baitussalam  01.

Sebelum penyuluhan dimulai, kami bertemu dan berdiskusi bersama kepala sekolah. Setelah itu kami mempersiapan proyektor dan presentasi yang akan digunakan selama penyuluhan berlangsung. Setelah persiapan sudah selesai, kami pun mengadakan doa bersama. Penyuluhan pun dimulai pada saat murid-murid berdatangan ke lab dengan membawa sikat gigi dan gelas. Kami pun mempersilahkan dan mengatur murid-murid untuk duduk dengan rapi dan tertib. Setelah itu kami memulai acara penyuluhan dengan perkenalan mulai dari kami sebagai panitia hingga ke murid-murid.

Kami melanjutkan dengan menyampaian materi yang disampaikan oleh salah satu anggota kami yaitu Pema Adeline. Materi diawali dengan alasan penting menggosok gigi. Dilanjutkan dengan dampak tidak menggosok gigi. Setelah murid-murid mendengarkan mengapa menggosok gigi penting dan dampak tidak menggosok gigi, kami pun melanjutkan dengan menjelaskan cara menggosok gigi dengan benar dan pentingnya memeriksa gigi ke dokter gigi. Setelah pemaparan materi selesai kami melanjutkan dengan mengajarkan lagu gosok gigi yang diikuti dengan gerakan menari dan bernyanyi.

Acara pun dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang mencuci tangan dengan baik dan benar. Pemaparan pun dimulai dengan memberitahu kepada murid-murid kapan sebaiknya kita mencuci tangan. Dilanjutakan dengan menjelaskan 12 langkah mencuci tangan. Setelah kami selesai memaparkan materi, kami melanjutkan acara dengan mengadakan permainan. Permainan yang kami adakan yaitu menyanyikan dan menari lagu gogok gigi. Dari permainan ini kami memilih tiga pemenang. Setelah permainan pertama selesai kami pun melanjutkan dengan permainan kedua. Permainan kedua yang kami adakan yaitu permainan konsentrasi . Permainan ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih konsentrasi.

Permainan pun selesai, kami pun melanjutkan dengan membagi murid-murid menjadi beberpa kelompok. Tujuan dibagi menjadi beberapa kelompok agar murid-murid lebih teratur dan terarah dalam praktek menggosok gigi dan mencuci tangan.

Sebelum melakukan praktek gosok gigi, salah satu anggota kami turun ke tempat praktek mengosok gigi untuk mempersiapkan peralatan yang akan dilakukan. Setelah siap, satu persatu kelompok mulai melakukan praktek mengosok gigi dan mencuci tangan. Kelompok pertama dengan membawa sikat gigi dan gelas turun kebawah di dampingi oleh salah satu anggota kami. Di tempat praktek kami pun mengawasi murid – murid dengan juga memberitahukan apa bila ada yang salah dalam menggosok gigi dan mencuci tangan. Setelah mereka selesai kami pun mengantarkan kembali ke lab. Acara diakhiri dengan berfoto bersama murid-murid dan membagikan makanan ringan kepada murid-murid yang mengikuti kegiatan penyuluhan menggosok gigi dan mencuci tangan.

Penyuluhan menggosok gigi dan mencuci tangan yang kami adakan di SDI Baitussalam 01 berjalan sangat lancar. Dari Penyuluhan ini kami mendapatkan respon yang sangat baik dari murid-murid dan pihak sekolah. Murid-murid sangat mau belajar bersama kami. Pihak sekolah pun berterima kasih karena mengadakan kegiatan penyuluhan ini di Sekolah Dasar Islam Baitussalam 01.

Besar harapan kami, setelah penyuluhan ini, informasi yang kami sampaikan dapat berguna bagi murid-murid yang sudah mengikuti acara kegiatan penyuluhan kami dan kami berharap murid-murid dapat menggosok gigi dan mencuci tangan dengan rajin sesuai apa yang kami ajarkan dan jelaskan.



Author: admin-oke

Leave a Reply

4 + 1 =

(Visited 195 times, 4 visits today)