Article

Sharing:

PUSDIKLAT KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA
30 MARET – 02 APRIL 2017

Pusdiklat Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, sampai saat ini menjalin kerjasama dengan LPMK Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sudah hampir berjalan 6 Tahun. Kerjasama ini menghasilkan sebuah program penyuluhan yang diberi nama ; ORIENTASI HOSPITALITY STAFF BAWAAN CALON KEPALA KANTOR PERWAKILAN REPUBLIK INDONESIA. Kegiatan ini diselenggarakan maximal 2 kali dalam setahun. Para peserta yang mengikuti penyuluhan orientasi Hospitality ini diikuti oleh 40 orang peserta. Para peserta merupakan Staff Bawaan Calon Kepala Kantor Perwakilan Republik Indonesia di negara yang ditunjuk oleh Kementerian Luar Negeri R.I. Para peserta ini terdiri dari Kepala Rumah Tangga, Sekretaris Pribadi bagi para Duta Besar di Kantor Perwakilan Republik Indonesia termasuk Wisma yang berada dilingkungan Kantor Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri.
Program Orientasi ini berlangsung mulai hari Kamis, 30 Maret hingga Minggu 02 April 2017 dan penyuluhan orientasi hospitality ini dilaksanakan di Pusdiklat Kemenlu R.I dan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jakarta.
Para peserta yang mengikuti program orientasi tersebut perlu mengetahui tentang kegiatan dan tugas tanggung jawab yang akan di lakukan pada saat mereka ditempatkan di lokasi kerja yang telah ditentukan.
Program orientasi membantu seseorang memahami aspek sosial, teknis dan kebudayaan tempat kerja, mempercepat proses sosialisasi dan penerimaan menjadi kerja sama dalam kelompok.


Program orientasi yang diberikan bertujuan untuk :

  1. Membantu para pekerja baru untuk mengetahui dan memahami standar pekerjaan, harapan organisasi, norma-norma, dan tradisi yang dihormati yang berlaku diperusahaan, serta kebijaksanaan-kebijaksanaan yang hars dijalankan terutama dalam bidang hospitality.
  2. Membantu para pekerja baru untuk memahami dan melaksanakan perilaku sosial dalam kehidupan organisasi sehari-hari terutama dalam bidang hospitality.
  3. Membantu para pekerja baru untuk mengetahui dan memahami berbagai aspek teknis pekerjaan atau jabatan sesuai dengan ruang lingkup pekerjaannya.

Kegiatan dalam orientasi adalah:

  1. Penyuluhan pendahuluan.
  2. Penunjukkan tempat tertentu (fasilitas umum yang ada di STP Trisakti)
  3. Mengadakan pertemuan kelas selama 4 hari.

Para peserta penyuluhan program orientasi ini selama 4 hari mendapatkan pengetahuan yang diajarkan oleh para Dosen-Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti maupun Instruktur Profesional dari Luar Kampus. Adapun Materi yang diajarkan adalah;

Para peserta sangat menikmati program orientasi tersebut dan mampu mengikuti program tersebut hingga selesai. Harapan dalam program ini adalah para peserta mampu membawa nama harum Indonesia melalui penerapan ilmu yang dicapai selama mengikuti program orientasi.

Author: admin-oke

Leave a Reply

(Visited 48 times, 1 visits today)