Article

Sharing:

KOMPAS BIKE JATENG GAYENG | Hari Pertama: 10 Maret 2017

Hari pertama di event Kompas Bike ini peserta dibangunkan pada pukul 04.30 pagi dan menikmati  santap pagi pada pukul 05.30 pagi. Setelah selesai sarapan pagi maka peserta bersiap diri untuk gowes menuju ke alun-alun kota Purwokerto. Dengan menggunakan berbagai tipe sepeda seperti Road Bike, sepeda gunung dan sepeda lipat peserta menuju alun-alun Kabupaten Banyumas dengan ibukotanya adalah Purwokerto. Penulis sendiri membawa jenis sepeda MTB 29ners yang biasa digunakan untuk menggowes dari rumah ke STP Trisakti.

Di alun-alun kota Purwokerto para peserta gowes ini berkumpul sebelum dilepas oleh Bapak Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Tengah. Dalam kesempatan event ini, Gubernur Jawa Tengah juga menggenjot sepedanya sampai wilayah Klampok, Kabupaten Banjarnegara. Adapun anggota VIP lain yang ikut sebagai peserta gowes ini adalah Dirkorlantas Polri yairu Irjen (Pol) Royke Lumewa, yang akan mengikuti sampai event ini selesai.

Rombongan dilepas tepat pukul 07.15 pagi dengan melewati kota Purwokerto dan Kabupaten Purbalingga. Dengan dikawal mobil Patwal Kepolisian Polres Banyumas peserta dengan bersemangat menggenjot sepeda masing-masing. Perjalanan gowes ini dipimpin oleh Road Captain (RC) yang berasal dari komunitas bersepeda Kota Purwokerto dan Semarang. Coffeebreak dilakukan di sekitar Klampok setelah menggenjot selama 1 jam 45 menit dari kota Purwokerto. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju Kota Banjarnegara sekaligus untuk makan siang. Perjalanan menuju Kota Banjarnegara yanng dilakukan setelah pukul 10 pagi sudah dirasakan agak panas. Terik mataharipun mengiringi perjalanan menuju Banjarnegara. Beberapa pemberhentian dilakukan untuk beristirahat, termasuk menikmati minuman es khas Bamyumasan, yaitu es dawet hitam (si hitam manis). Pada rute ini kondisi jalan masih banyak yang datar sehingga tidak menyulitkan peserta.

Tepat pukul 11 siang peserta tiba di Pendopo Kota Banjarnegara dan langsung menikmati hidangan makan siang yang diiringi hiburan musik tradisional. Pada hari Jumat ini, para peserta gowes yang muslim juga berkesempatan untuk melakukan sholat Jumat di masjid An Nur yang berada di sekitar alun-alun Banjarnegara. Peserta juga melakukan foto session yang digunakan untuk sertifikat keikutsertaan dalam event ini.

Tepat pukul 1 siang rombongan peserta tour melanjutkan perjalanan  menuju Wonosobo. Kali ini perjalanan yang dilalui cukup berat karena kontur jalan yang berbukit sehingga banyak ditemukan tanjakan dan turunan. Diiringi terik matahari yang panas peserta terus menggowes sepeda masing-masing. Sebuah perjuangan yang menantang. Sekitar pukul 3 sore rombongan tiba di Hotel Kresna, Kota Wonosobo.


Lihat juga

Author: admin-oke

Leave a Reply

99 − = 91

(Visited 61 times, 1 visits today)